Apa Kegunaan Sertifikat Standar OSS? Berikut Pejelasannya

GRATIS Konsultasi Litologi Solution, Klik Dibawah: CS 1 / CS 2


Apa Kegunaan Sertifikat Standar OSS? Berikut Pejelasannya

Sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK), berbagai reformasi besar dilakukan Pemerintah untuk mendorong perekonomian. Salah satunya adalah penyederhanaan dan percepatan proses perizinan bagi pelaku komersial melalui satu pintu atau “One Single Submission” (OSS). Sebelum lanjut ke pembahasan kami sebelumnya juga mengunggah Info Harga Jasa Pengurusan HKI Merek Hak Cipta Purbalingga Jawa Tengah jika anda ingin membaca anda bisa klik link yang tertera.

Berbeda dengan proses perizinan sebelumnya, OSS juga berfokus pada tingkat risiko yang diberikan oleh masing-masing jenis usaha yang menjadikannya sebagai OSS Risk Based Approach (OSS-RBA).
OSS berbasis risiko merupakan revolusi struktural yang luar biasa dalam pengurusan izin usaha. Pelaku usaha dapat dengan mudah mendapatkan izin tanpa aturan yang memberatkan. Dalam mengajukan izin usaha melalui OSS, pelaku usaha mengeluarkan pernyataan diri yang mengidentifikasi sifat usaha. Jika tergolong usaha kecil dan menengah dengan risiko minimal, izin usaha akan diberikan segera setelah didaftarkan melalui OSS.

Sebelum mempelajari apa kegunaan sertifikat standar OSS dalam aktivitas perusahaan, Anda harus memahami batasan hukum terkait standar OSS ini. Setelah mengetahui batasan-batasan hukumnya, Anda akan sedikit mengerti tentang manfaat diadakannya upgrade sistem ini.

Aturan Hukum Tentang Sertifikat Standar OSS

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021 setiap kegiatan usaha dikelompokkan menjadi empat kategori usaha, yaitu kegiatan usaha berisiko rendah, kegiatan usaha berisiko menengah, rendah-menengah & tinggi, dan kegiatan usaha berisiko tinggi yang izinnya harus memuat sertifikat standar OSS.

Berdasarkan undang-undang ini, selain diperbolehkan memiliki nomor induk usaha (NIB), tingkat risiko kegiatan usaha juga harus memiliki sertifikat standar. Mengapa demikian? Karena sertifikat standar akan digunakan untuk menentukan apakah pelaku usaha telah memenuhi standar yang ditetapkan dan sebagai bentuk legalitas usaha dalam menjalankan kegiatan.

Pasal 1 Angka 13 dan Pasal 13 Ayat 2 Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 mengatur tentang ketentuan peraturan tersebut.

Jenis Analisis Risiko Menurut Pasal 8 PP No. 5 Tahun 2021

Mengenai undang-undang OSS Risk Based Approach (OSS-RBA) yang telah dijelaskan di atas, telah dijelaskan bahwa setiap aktivitas bisnis akan dikategorikan berdasarkan tingkat risiko dari aktivitas tersebut. Kemudian berdasarkan Pasal 8 PP No.5 Tahun 2021 terdapat berbagai macam analisis yang dilakukan antara lain:

  • Identifikasi kegiatan usaha;
  • Tingkat bahaya bisnis;
  • Potensi bahaya;
  • Penilaian tingkat risiko dan skala usaha; dan
  • Jenis izin usaha
  • Jenis Tingkat Risiko Bisnis

Berdasarkan kajian yang dilakukan di atas berdasarkan ketentuan Pasal 8 PP No. 5 Tahun 2021, tingkat risiko diklasifikasikan menjadi:

  • Kegiatan usaha dengan tingkat risiko rendah;
  • Operasi bisnis dengan tingkat risiko sedang-rendah;
  • Kegiatan usaha dengan tingkat risiko sedang hingga tinggi; dan
  • Aktivitas bisnis memiliki tingkat risiko yang tinggi

Keunggulan Sertifikat Standar OSS

Penerapan dokumen perizinan tambahan untuk beberapa jenis kegiatan usaha tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku. Ada dua manfaat utama yang terkait dengan sertifikat ISO standar dalam aktivitas komersial, termasuk:

1. Menilai apakah pelaku usaha telah mencapai standar yang ditetapkan

Standar kegiatan usaha diberlakukan oleh pemerintah, untuk mengoptimalkan setiap pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

2. jenis legalitas yang digunakan oleh pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan niaga

Sebagai dokumen legalitas tambahan yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha, guna menunjang kegiatan usahanya.

3. Menjamin kelangsungan usaha

Terakhir, sebagai penjamin kelangsungan perusahaan karena standar operasional telah dibuat berdasarkan aturan dalam Peraturan Pemerintah.

Konsultasikan Masalah Bisnis Dengan Litologi Solution

Saat ini, Anda dapat melibatkan Mitra Advokat terkait masalah bisnis, di mana pun. Anda dapat meminta masukan melalui Layanan Bisnis  Litologi Solution tanpa harus  pergi ke Kantor Advokat.

Mengapa Litologi Solution? Dengan Mitra Advokat yang telah berpengalaman bertahun-tahun, Litologi Solution adalah layanan konsultasi hukum terbaik dan terpercaya di Indonesia. Khususnya di area bisnis, kesulitan Anda dapat ditangani dan diselesaikan dengan baik.

Artikel ini hanya berisi informasi legalitas perusahaan, perpajakan, hukum umum dan sejenisnya yang telah disediakan untuk tujuan membantu Anda menemukan solusi masalah Anda selama ini. Untuk mendapatkan profesional hukum khusus untuk kasus Anda, silahkan konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman di Litologi Solution.

Bagaimana penjelasan kami tentang Apa Kegunaan Sertifikat Standar OSS? semoga artikel diatas menambah wawasan anda dan membantu anda mencari informasi yang dibutuhkan.



Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Litologi Solution!

"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081391788870
CS 2: 081390816250
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,