HARGA JASA PEMBUATAN YAYASAN DAN CARA MENGURUS YAYASAN TERBARU 2023

GRATIS Konsultasi Litologi Solution, Klik Dibawah: CS 1 / CS 2

Jasa Pembuatan Yayasan

HARGA JASA PEMBUATAN YAYASAN DAN CARA MENGURUS YAYASAN TERBARU 2023

Selamat datang kembali, para pembaca. Bagaimana artikel kemarin? Jika Anda belum membacanya, Anda bisa membacanya di artikel kami yang berjudul "Info Harga Jasa Pendirian Perkumpulan Terpercaya di Indonesia". Yak, setelah melihat artikel yang sarat informasi dari kami, saatnya Anda mendapatkan solusi dari persoalan Anda. Hanya disini, di website Litologi Solution adalah solusi tepat untuk hal-hal yang merisaukan Anda. Anda masih tidak yakin? Untuk lebih yakin, langsung saja geser jari Anda ke atas, dan baca baik-baik kalimat per kalimat yang tentunya akan bermanfaat bagi hidup Anda.

Yayasan sering diidentikkan dengan tempat untuk beramal. Hal ini disebabkan karena yayasan sendiri merupakan suatu lembaga yang tidak berorientasi pada profit untuk mendapatkan keuntungan. Untuk itu tidak sedikit orang yang hendak membangun yayasan sebagai pemenuhan tuntutan sosial diikuti niat baik untuk berbuat hal yang bermanfaat bagi sesama. Pada artikel ini, akan dibahas terkait jasa pembuatan yayasan yang memuat informasi dimana mungkin sedang Anda cari saat ini.

Hidup memang tidak selamanya tentang uang. Selain berusaha bekerja dan mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia, tuntutan sebagai makhluk sosial juga dibutuhkan. Manusia sebagai makhluk sosial harus dapat membantu satu sama lain. Hal inilah yang akan menjadi amalan agar kehidupan di dunia maupun di akhirat berjalan dengan baik. Ada banyak aktivitas yang dilakukan dan tidak semuanya bertujuan untuk mencapai profit.

Suatu bentuk lembaga atau organisasi juga tidak sedikit yang berfokus pada kegiatan yang bersifat sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Dalam hal ini pendirian suatu aktivitas yang memiliki tujuan mulai ini memang harus digencarkan, terutama yang berkaitan untuk menegakkan keadilan dan rasa kemanusiaan sesama manusia.

Yayasan menjadi suatu lembaga yang paling tepat didirikan oleh Anda apabila ingin membangun lembaga non-profit yang membantu mensejahterakan banyak orang. Istilah yayasan sendiri memang sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Namun, pastinya sering muncul sederet pertanyaan mengenai apa sih yayasan itu, apa saja ciri-ciri yayasan, dan apa tujuan pendirinya?

Jangan khawatir, artikel ini akan membahas tuntas terkait definisi dari yayasan dan informasi lainnya yang perlu Anda ketahui mengenai yayasan.

Tentang Yayasan

Salah satu bentuk lembaga yang didirikan oleh masyarakat dengan tujuan non profit adalah yayasan. Yayasan dapat menjadi ladang pahala apabila dikelola secara tepat dan benar. Yayasan dapat disebut sebagai suatu badan hukum dimana memiliki kekayaan yang dipisahkan dari harta pemilik yang bertujuan untuk kegiatan bersifat sosial, keagamaan, maupun kemanusiaan. 

Yayasan ini tidak memiliki anggota namun berusaha untuk menolong lebih banyak orang dimana pendirian yayasan harus memperhatikan syarat formal yang sudah tertuang dalam undang-undang. Walaupun tidak memiliki anggota, namun yayasan diketahui terdiri dari tiga struktur kepengurusan yaitu pembina, pengurus juga pengawas. Disebut tidak memiliki anggota karena pada dasarnya yayasan memang tidak terdiri dari sekutu, tidak terdapat pemegang saham, dan tidak digerakkan oleh anggota seperti badan usaha lainnya. Walaupun begitu, pendirian yayasan harus sesuai dengan peraturan dan perizinan yang telah ditentukan.

Adapun dasar hukum dari yayasan sendiri pertama kali diterbitkan pada tahun 2001 beriringan dengan disahkannya UU RI nomor 16 tahun 2001 tentang Yayasan. Dalam regulasi tersebut dipaparkan bahwa terdapat beberapa pertimbangan berikut ini:

1. Pendirian yayasan yang ada di Indonesia selama ini dilakukan berpedoman pada kebiasaan yang berkembang di masyarakat dikarenakan belum terdapat peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait pendirian yayasan;

2. Yayasan yang terdapat di Indonesia sudah berkembang begitu pesat dengan berbagai kegiatan, tujuan, dan maksud dalam operasionalnya;

3. Bahwa berdasarkan pertimbangan yang terdapat pada poin 1 dan 2, serta untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum agar yayasan dapat berfungsi sesuai maksud dan tujuannya berdasarkan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas kepada masyarakat, maka diperlukan suatu undang-undang tentang Yayasan.

Dalam undang-undang yang terbit tersebut kemudian diperbarui lagi dengan UU NO 28 Tahun 2004. Adapun pengertian yayasan menurut undang-undang ialah “Yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu pada bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, serta tidak memiliki anggota.” 

Dari sini terlihat bahwa yayasan memiliki kekayaan tersendiri yang didapatkan dari berbagai sumber. Walaupun tidak memiliki anggota, yayasan ini tidak bertujuan untuk mendapatkan profit namun memiliki kewenangan untuk mendirikan badan usaha sesuai dengan visi misi dari yayasan tersebut.

Yayasan tersebut kemudian secara khusus mendirikan badan usaha yang sesuai dengan bidang kerja yang diinginkannya. Oleh karena itu, walaupun bersifat non-profit yayasan tetap dapat beroperasional dengan mengandalkan income dari badan usaha yang didirikan. Untuk lebih jelasnya, income ini secara pure digunakan demi kepentingan operasional yayasan maupun badan usaha, bukan digunakan untuk memperkaya pemilik yayasan.

Jasa Pengurusan Yayasan

Ciri-Ciri Yayasan

Walaupun sudah paham mengenai definisi dari yayasan sendiri, berikut ini adalah rangkuman mengenai ciri-ciri yayasan yang dapat membuat lembaga yayasan semakin jelas:

1. Yayasan merupakan sebuah badan hukum yang eksistensinya telah diakui oleh pemerintah dimana prinsip pendiriannya telah diatur berdasarkan undang-undang.

2. Pendirian yayasan memiliki tujuan pada bidang tertentu baik untuk kegiatans sosial, kegiatan keagamaan, dan kegiatan kemanusiaan.

3. Yayasan didirikan berdasarkan akta notaris yang membuat lembaga ini memiliki legalitas yang telah disahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM maupun pejabat yang berwenang. Pendirian yayasan ini juga diumumkan melalui media cetak pemerintah RI.

4. Yayasan tidak memiliki anggota dan tidak dimiliki oleh siapapun sehingga yayasan ini merupakan struktur organisasi dengan tugas menjalankan kegiatan dari yayasan tersebut.

5. Yayasan memiliki kedudukan yang mandiri sebab kekayaan yang dimiliki oleh yayasan terpisah dengan kekayaan dari pada pendiri maupun pengurusnya.

6. Yayasan dapat dibubarkan oleh pengadilan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Yayasan memang bisa bubar sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Rumah tangga. Dengan demikian, walaupun tujuan dari pendirian yayasan belum tercapai namun ketika sudah ada putusan hakim pengadilan yang kuat maka yayasan bisa dibubarkan.

Profile Jasa Pembuatan Yayasan

Litologi Solution adalah perusahaan yang bergerak di bidang pendirian legalitas, pengurusan izin usaha, dan perubahan data usaha maupun perorangan. Kami juga bisa melayani seluruh Indonesia. Jadi kami perusahaan yang berfokus untuk mengurus jasa pengurusan PT, jasa pendirian CV, jasa pembuatan Yayasan, dan lainnya.

Kenapa Memilih Jasa Pembuatan Yayasan Disini?

Berikut berbagai kelebihan Jasa Pembuatan Yayasan di Litologi Solution:

1. PEMBUATAN KILAT HANYA 1 MINGGU

Anda tidak perlu menunggu lama cukup dengan 1 minggu saja. Karena kami telah berpengalaman dalam berbagai bidang legalitas dan bekerjasama dengan notaris kepercayaan, sehingga proses dapat selesai lebih cepat.

2. PELAYANAN TERBAIK

Pelayanan menjadi kunci utama kami. Sikap “fast response”akan selalu ada, karena Anda telah mempercayakan pada kami. Anda adalah prioritas bagi kami.

3. HARGA TERBAIK

Kami juga akan menawarkan harga terbaik, dimana memastikan win-win solution. Biaya jasa yang ditawarkan oleh kami disesuaikan dengan kebutuhan izin yang akan diproses oleh Anda

4. TAK PERLU MENYESUAIKAN JADWAL KETEMU NOTARIS

Anda cukup santai saja, tak perlu pusing karena kami yang akan menyesuaikan jadwal Anda untuk proses tanda tangan. Kami mengirim dokumen yang diurus dengan pengiriman paling aman bergaransi sampai di tempat Anda.

5. REVISI DRAFT PENDIRIAN SEPUASNYA

Anda tak perlu khawatir apabila terjadi revisi pada draft dokumen Anda. Kami akan selalu memberikan revisi untuk Anda.

6. GRATIS KONSULTASI

Kami siap memberikan Anda konsultasi secara gratis tentang jasa pengurusan ini dengan pelayanan ekstra.

Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan tentang Jasa Pembuatan Yayasan, Kami jasapengurusan.web.id siap membantu Anda untuk Mendirikan Yayasan untuk semua wilayah di Indonesia.

Jasa Perizinan Yayasan

Pendirian Yayasan

Perlu diketahui bahwa yayasan dapat didirikan oleh satu orang maupun lebih dengan cara memisahkan sebagian harta dari pendirinya untuk dijadikan sebagai kekayaan awal yayasan. Pendirian yayasan ini juga bisa berdasarkan pada Pasal 8 dan 9 PP tentang yayasan pada surat wasiat terbuka dimana mencantumkan ketentuan mengenai anggaran dasar yayasan dalam pendirian yayasan sesuai apa yang tertulis di wasiat.

Berdasarkan pasal 6 ayat (1) Undang-Undang tentang Yayasan, kekayaan awal yang harus dipersiapkan yakni Rp 10 juta. Ada banyak hal yang harus diurus sebelum Anda dapat mendirikan yayasan. Mulai dari pembuatan nama yayasan, penentuan tujuan pendirian, proses perizinan dan pendaftaran memerlukan tahapan yang cukup panjang. Pendirian yayasan juga dilakukan dengan akta notaris dimana di Indonesia menggunakan bahasa Indonesia. Akta notaris ini berisi kesepakatan pendiri yayasan untuk melakukan kegiatan yayasan sesuai tujuan yang akan dicapai seperti bergerak di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. 

Dokumen yang dipersiapkan juga banyak seperti FC KTP pendiri, pembina, pengawas, dan pengurus. Kemudian NPWP ketua yayasan, serta mencari nama yayasan dan mengumpulkan jumlah kekayaan alam yayasan ataupun bukti aset awal tersebut. Anda juga harus mengumpulkan surat pernyataan kesediaan orang yang ditunjuk menjadi pengurus, pembina, pengawas yayasan serta bukti modal kekayaan awal yayasan ke hadapan notaris. Tentu saja proses ini berjalan panjang dan cukup membuat Anda kesulitan. 

Setelah Anda berhasil mendapatkan akta pendirian, maka notaris akan memberikan permohonan tertulis mengenai pengesahan badan hukum yayasan kepada Menteri Kementerian Hukum dan HAM dalam jangka 10 hari sejak akta pendirian yayasan tersebut dibuat dan ditandatangani. 

Permohonan tersebut bisa saja ditolak apabila diperlukan pertimbangan dari instansi lain yang terkait, dimana pengesahan ditolak maksimal 14 hari sejak jawaban atas permintaan pertimbangan dari instansi terkait diterima.

Setelah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM, akta pendirian wajib diumumkan dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia. Pengumuman tersebut dilakukan oleh Menteri dengan jangka waktu maksimal 14 (empat belas) hari sejak tanggal akta pendirian yayasan disahkan oleh Menteri. Biaya yang dikenakan untuk pengumuman ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah.

Bagaimana Cara Mengurus Pendirian Yayasan Terbaru 2023?

Untuk mendirikan yayasan, terdapat dokumen yang harus diurus agar yayasan dapat berdiri dan dilindungi secara hukum. Nah, dokumen inilah yang akan diurus oleh Litologi Solution untuk anda.

1. Akta Pendirian Yayasan yang sah dari notaris

2. Surat Keterangan Domisili Perusahaan dari kelurahan dan kecamatan

3. Surat Keterangan Terdaftar NPWP dari kantor perpajakan

4. Surat Keputusan Kementerian Hukum dan HAM RI

5. Pengumuman dalam lembaran Berita Negara RI dari Perum Percetakan Negara RI

6. Tanda Daftar Yayasan dari Dinas Sosial

Jika syarat di atas merupakan syarat yang akan diurus oleh tim Litologi Solution, maka untuk mengurus berbagai syarat dan izin tersebut, ada dokumen yang harus anda siapkan untuk diberikan ke tim Litologi Solution.

1. Nama Yayasan

2. Jumlah kekayaan awal yayasan

3. Bukti modal/aset sebagai kekayaan awal yayasan

4. Fotocopy para pendiri

5. Fotocopy pembina, pengawas, dan pengurus yayasan

6. Fotocopy NPWP pribadi khusus ketua yayasan

7. Fotocopy bukti kantor yayasan (SPPT PBB/surat perjanjian sewa)
HARGA JASA PEMBUATAN YAYASAN DAN CARA MENGURUS YAYASAN TERBARU 2023

Berikut daftar Provinsi di Indonesia yang merupakan cakupan layanan kami:

Nama Provinsi

Ibukota

Jasa Pendirian Yayasan Aceh

Banda Aceh

Jasa Pembuatan Yayasan Sumatera Utara

Medan

Jasa Buat Yayasan Sumatera Barat

Padang

Jasa Pengurusan Yayasan Riau

Pekanbaru

Jasa Pembuatan Yayasan Kepulauan Riau

Tanjung Pinang

Jasa Pembuatan Yayasan Jambi

Jambi

Jasa Pendirian Yayasan Bengkulu

Bengkulu

Jasa Pengurusan Yayasan Sumatera Selatan

Palembang

Pengurusan Yayasan Kepulauan Bangka Belitung

Pangkal Pinang

Jasa Pendirian Yayasan Lampung

Banda Lampung

Jasa Pembuatan Yayasan Banten

Serang

Jasa Pengurusan Yayasan Jawa Barat

Bandung

Jasa Pengurusan Yayasan Jakarta

Jakarta

Jasa Pengurusan Yayasan Jawa Tengah

Semarang

Jasa Pembuatan Yayasan Jogja

Yogyakarta

Jasa Pendirian Yayasan Surabaya

Surabaya

Jasa Pendirian Yayasan Bali

Denpasar

Jasa Pengurusan Yayasan Nusa Tenggara Barat

Mataram

Jasa Pengurusan Yayasan Nusa Tenggara Timur

Kupang

Jasa Pengurusan Yayasan Kalimantan Utara

Tanjung Selor

Jasa Pembuatan Yayasan Kalimantan Barat

Pontianak

Jasa Pengurusan Yayasan Kalimantan Tengah

Palangkaraya

Jasa Pengurusan Yayasan Kalimantan Selatan

Banjarmasin

Jasa Pengurusan Yayasan Kalimantan Timur

Samarinda

Jasa Pengurusan Yayasan Gorontalo

Gorontalo

Jasa Pengurusan Yayasan Sulawesi Utara

Manado

Jasa Pembuatan Yayasan Sulawesi Barat

Mamuju

Jasa Pengurusan Yayasan Sulawesi Tengah

Palu

Jasa Pembuatan Yayasan Sulawesi Selatan

Makassar

Jasa Pendirian Yayasan Sulawesi Tenggara

Kendari

Jasa Pengurusan Yayasan Maluku Utara

Sofifi

Jasa Pembuatan Yayasan Maluku

Ambon

Jasa Pengurusan Yayasan Papua Barat

Manokwari

Jasa Pendirian Yayasan Papua

Jayapura

Lalu kita-kira berapa harga jasa pembuatan yayasan?

Pastinya akan sangat bersahabat dengan anda yang mendirikan badan hukum untuk tujuan yang mulia. Beragam penawaran dengan harga pembuatan Yayasan yang spesial pasti dapat anda peroleh di Litologi Solution. Anda dapat langsung menghubungi kontak yang tertera untuk mendapatkan rincian harganya.

Terima kasih Anda telah bersedia mengunjungi website kami. Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan kami, Anda hanya perlu menghubungi nomor yang tertera di bawah. Anda bisa percayakan jasa pembuatan yayasan kepada kami. Dijamin Anda tidak akan menyesal karena Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Kami tunggu kerja samanya.

FAQs
( Frequently Asked Questions – Pertanyaan Yang Sering Diajukan )

Apa saja syarat pendirian yayasan?

Untuk mendirikan sebuah yayasan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu: 

 1.Terdapat minimal 3 orang pendiri yang merupakan warga negara Indonesia dan memiliki kemampuan dan kesanggupan untuk membentuk yayasan.

2. Memiliki akta pendirian yayasan yang dibuat oleh notaris dan disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

3. Memiliki Anggaran Dasar (AD) yang menjelaskan tujuan, fungsi, sistem dan mekanisme kerja yayasan, serta cara pengelolaannya.

4. Memiliki surat keterangan terdaftar dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

5. Memiliki surat ijin operasional dari pemerintah setempat.

6. Memiliki nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yayasan.

7. Memiliki buku buku yayasan yang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagai catatan, syarat-syarat di atas dapat berbeda-beda sesuai dengan peraturan yang berlaku di daerah tempat yayasan akan didirikan. Oleh karena itu, disarankan untuk meminta bantuan dari notaris atau konsultan hukum untuk memastikan bahwa semua syarat telah dipenuhi sebelum yayasan dideklarasikan resmi.

Struktur yayasan terdiri dari siapa saja?

Struktur yayasan biasanya terdiri dari beberapa pengurus yang bertugas mengelola keuangan dan kegiatan-kegiatan yayasan. Umumnya, struktur yayasan terdiri dari:

1. Ketua yayasan, yang merupakan pimpinan tertinggi yayasan dan bertanggung jawab atas kebijakan-kebijakan yayasan.

2. Sekretaris yayasan, yang bertanggung jawab atas administrasi dan pencatatan segala hal yang berhubungan dengan yayasan.

3. Bendahara yayasan, yang bertanggung jawab atas keuangan yayasan.

4. Dewan pengawas, yang bertugas memantau dan memberikan saran terhadap kebijakan-kebijakan yayasan.

Selain keempat pengurus di atas, struktur yayasan juga dapat mencakup anggota-anggota yayasan yang terdiri dari para pendiri yayasan atau individu-individu yang bergabung dengan yayasan. Anggota-anggota yayasan biasanya memiliki hak suara dalam rapat-rapat yayasan dan dapat ikut serta dalam pengambilan keputusan-keputusan yayasan.

Apakah yayasan boleh didirikan oleh satu orang?

Untuk mendirikan yayasan, diperlukan minimal 3 orang pendiri. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Lembaga Yayasan. Oleh karena itu, tidak diperbolehkan untuk mendirikan yayasan hanya oleh satu orang. Namun, satu orang pun bisa menjadi anggota yayasan yang sudah ada, dengan syarat mengikuti prosedur yang berlaku di yayasan tersebut.

Berapa modal awal yayasan?

Modal awal yayasan tidak ditentukan secara pasti dan bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yayasan. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan modal awal yayasan, antara lain:

1. Tujuan yayasan: Modal awal yayasan harus cukup untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar yayasan. Jika yayasan bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial, maka modal awal yang dibutuhkan mungkin tidak sama dengan yayasan yang bertujuan untuk menjalankan bisnis.

2. Sumber dana: Modal awal yayasan juga harus mencakup dana yang diperlukan untuk membiayai operasional yayasan selama beberapa bulan pertama setelah didirikan. Sumber dana ini bisa berasal dari donasi, sumbangan, atau dana yang disediakan oleh pendiri yayasan.

3. Biaya pengurusan: Selain dana operasional, modal awal yayasan juga harus mencakup biaya pengurusan seperti biaya notaris, biaya surat keterangan terdaftar, dan biaya-biaya lain yang diperlukan untuk mendirikan yayasan.

Dalam hal ini, disarankan untuk membuat rencana keuangan yang detil dan memperhitungkan semua biaya yang diperlukan untuk mendirikan dan mengelola yayasan sebelum menentukan modal awal yayasan.

Apakah nama yayasan boleh pakai bahasa Inggris?

Tidak ada ketentuan yang menyatakan bahwa nama yayasan harus dalam bahasa Indonesia. Nama yayasan bisa dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing, asalkan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Nama yayasan harus unik dan tidak boleh sama dengan nama yayasan lain yang sudah ada.

2. Nama yayasan tidak boleh mengandung kata-kata yang menyinggung agama, ras, suku, atau golongan tertentu.

3. Nama yayasan harus sesuai dengan tujuan yayasan yang tertuang dalam Anggaran Dasar.

Untuk memastikan bahwa nama yayasan yang dipilih memenuhi syarat-syarat di atas, disarankan untuk mengajukan permohonan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk memperoleh persetujuan sebelum yayasan didirikan.

Iklan Cincin Tunangan
banner

Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Litologi Solution!

"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081391788870
CS 2: 081390816250
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,