Jasa Pendirian / Pengurusan Perkumpulan dengan Biaya Murah 2022

Pelayanan Litologi Solution, Hubungi: WhatsApp 081390816250

Jasa Pendirian / Pengurusan Perkumpulan dengan Biaya Murah 2022

Jasa Pendirian / Pengurusan Perkumpulan dengan Biaya Murah 2022

Di Indonesia sendiri terdapat banyak perkumpulan atau komunitas yang berkembang di masyarakat. Sebenarnya, perihal perkumpulan ini masih simpang siur mengenai regulasi dan persyaratan di dalamnya sehingga banyak yang salah mengartikan mengenai apa yang dimaksud perkumpulan.

Bagi Anda yang hendak mendirikan Perkumpulan namun masih bingung dan merasa awam terhadap prosedur pendiriannya, maka Anda wajib menyimak artikel ini hingga habis karena akan ada rekomendasi jasa pendirian perkumpulan yang bisa Anda pertimbangkan.

Sebelum mendirikan Perkumpulan, yuk kenalan terlebih dahulu mengenai seluk beluk dari Perkumpulan ini.

Apa Sih Perkumpulan Itu?

Jadi, Perkumpulan sendiri ialah badan hukum yang termasuk sekumpulan orang dimana didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan persamaan maksud dan tujuan pada bidang tertentu seperti sosial, kemanusiaan, keagamaan dimana tidak berbagi keuntungan pada anggota yang terlibat di dalamnya.

Pendirian dari perkumpulan ini harus disesuaikan dengan ketentuan yang terdapat dalam Pasal 1 butir (3) Permenkumham 6 tahun 2014 dimana pemohon perkumpulan ini ialah setiap orang baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama secara langsung atau dapat juga memberikan kuasa kepada notaris dalam mengajukan permohonan melalui SABH.

Perkumpulan dan yayasan ini sering dianggap sebagai sesuatu yang sama. Padahal, yayasan memiliki pengertian yang berbeda dari Perkumpulan seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya.

Berdasarkan Pasal 1 Angka 1 UU No. 16 Tahun 2001 mengenai Yayasan, pengertian dari yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota.

Dari ini bisa terlihat bahwa perkumpulan ini berbeda dengan yayasan dimana perkumpulan ialah badan hukum berbasis anggota, sementara yayasan tidak berbasis anggota. Dalam yayasan ini juga dikenal beberapa istilah seperti pengurus, pengawas dan pembina yayasan. Tidak hanya itu, yayasan juga bisa menjadi pemegang saham pada suatu perusahaan dimana hasil keuntungan dari pemegang saham tersebut bisa digunakan untuk keperluan operasional yayasan sehingga bisa berkembang. Sementara Perkumpulan tidak memiliki tujuan dalam mendapatkan keuntungan bagi anggotanya.

Di Indonesia sendiri, istilah perkumpulan ini juga mempunyai istilah lain dengan arti yang sama yakni perhimpunan, perikatan, persatuan, ikatan, kesatuan, asosiasi, serikat dan masih banyak lainnya. Perkumpulan juga sering disebut sebagai organisasi masyarakat, hanya saja Perkumpulan ini termasuk sebagai badan hukum dimana dalam pendiriannya harus mendapatkan pengesahan status badan hukum melalui Menteri. Perkumpulan juga bisa bertindak sebagai subjek hukum yang mandiri.

Sebagai badan hukum, maka perkumpulan ini juga memiliki persyaratan yang harus dipenuhi sebelum didirikan.

Apakah perkumpulan dan yayasan itu sama?

Meski sama-sama berbadan hukum, namun yayasan dan perkumpulan memiliki karakteristik yang berbeda. Sebelum mendirikan badan hukum, pastikan untuk memahami sifat, bentuk, visi, misi, dan tujuan masing-masing badan hukum. Apa perbedaan yayasan dan perkumpulan, yuk simak perbedaannya di bawah ini!

Sehubungan dengan alasan tersebut, maka dalam 1 butir 1 Peraturan 16 Tahun 2001,

"Yayasan adalah badan hukum dengan aset terpisah dan dimaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan non-anggota."

Tentang tata cara pengajuan permohonan pengesahan badan hukum dan persetujuan perubahan anggaran dasar sesuai Pasal 1 Bagian 1 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2016,

"Perkumpulan adalah kumpulan individu yang didirikan untuk mencapai tujuan dan sasaran bersama di bidang sosial, agama dan kemanusiaan dan untuk mendistribusikan keuntungan kepada anggotanya."

Ada banyak persamaan antara yayasan dan perkumpulan, seperti maksud dan tujuan yang diatur dalam undang-undang di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Yayasan dan perkumpulan memiliki organ yang disebut wali, pengurus dan pengawas.

Perbedaan keduanya terletak pada pembentukan basis non-anggota, artinya hanya 1 (satu) orang yang dapat dibentuk sebagai pendiri, dan suatu perkumpulan bukan merupakan basis anggota dan 2 (dua) orang wajib membentuknya. Banyak orang Yayasan diperbolehkan menjadi pemegang saham dalam suatu perseroan dengan batas paling banyak 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah kekayaan yayasan, berbeda dengan yayasan yang tidak diatur secara tegas dalam undang-undang kepemilikan saham perseroan.

Selain itu, perbedaan antara keduanya didasarkan Nirlaba atau tidak mengizinkan anggotanya mengambil keuntungan. Serikat pekerja tidak murni sosial seperti yayasan, dan oleh karena itu tidak ada larangan pasti untuk berbagi keuntungan di antara anggotanya.

biaya / harga jasa pendirian perkumpulan

Syarat Pendirian Perkumpulan

Syarat pendirian perkumpulan harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Memiliki Akta Pendirian yang dibuat oleh notaris dimana di dalamnya memuat AD ART

  2. Memiliki program kerja

  3. Terdapat sumber pendanaan yang jelas

  4. Memiliki surat keterangan domisili

  5. Memiliki NPWP atas nama perkumpulan

  6. Terdapat surat pernyataan sedang tidak menjadi sengketa kepengurusan maupun dalam perkara di pengadilan

Adapun secara garis besar, proses dan tahapan dalam mendirikan Perkumpulan ialah sebagai berikut:

  1. Pengajuan nama perkumpulan;

Berdasarkan Pasal 2 Permenkumham 3/2016 menyatakan bahwa dalam permohonan pengesahan badan hukum perkumpulan harus didahului dengan pengajuan nama perkumpulan yang dilakukan oleh notaris melalui laman ahu.go.id. Pengajuan nama ini meliputi juga identitas pemohon dan nama perkumpulan yang dipesan.

Dalam hal ini, apabila Menteri memberikan persetujuan maka akan diberikan kabar melalui saluran elektronik yang memuat beberapa hal seperti nomor pemesanan nama, nama perkumpulan yang disetujui, tanggal pemesanan dan tanggal kadaluarsa (60 hari) serta kode pembayaran atas pemesanan nama.

  1. Pembuatan dan penandatanganan akta oleh Notaris;

Setelah disetujui maka notaris akan memproses akta pendirian dimana memuat beberapa persyaratan seperti :

  1. Identitas lengkap pendiri Perkumpulan meliputi KTP, NPWP/KITAS/Passport

  2. AD/ART

  3. Nama Perkumpulan dan Alamat Perkumpulan

  4. Maksud, tujuan, dan fungsi perkumpulan

  5. Rincian internal perkumpulan seperti asas, landasan, kegiatan, jangka waktu, harta kekayaan, hak dan kewajiban, pilihan nama dan jenis rapat anggota, pengelolaan keuangan, logo dan atau lambang, ketentuan khusus AD/ART, susunan pengurus dan pengawas, struktur dan jabatan dalam perkumpulan;

  1. Pembayaran biaya permohonan pengesahan sesuai dengan Pasal 11 Permenkumham 3/2016

  2. Pengisian format pendirian beserta kelengkapan pernyataan secara elektronik oleh pemohon dimana format asli akan disimpan oleh notaris dimana memuat hal-hal berikut:

  1. Salinan akta pendirian / perubahan pendirian perkumpulan yang dilegalisir oleh Notaris;

  2. Surat pernyataan tempat kedudukan atau surat keterangan domisili perkumpulan;

  3. Sumber dana perkumpulan;

  4. Program kerja perkumpulan;

  5. Surat pernyataan tidak ada sengketa kepengurusan atau dalam perkara di pengadilan;

  6. Notulensi rapat pendirian perkumpulan;

  7. Surat pernyataan kesanggupan oleh pendiri untuk memperoleh NPWP

  1. Penerbitan permohonan pengesahan badan hukum yang akan diberikan paling lambat 14 hari sejak Menteri memberikan persetujuan atas pengesahan badan hukum Perkumpulan tersebut

  2. Pengurusan perizinan oleh perkumpulan

Nah, sebenarnya prosedur mendirikan perkumpulan ini cukup mudah. Anda bisa mengurusnya sendiri bersama dengan anggota pendiri perkumpulan. Namun tentu saja, tahapan yang harus Anda lalui ini cukup merepotkan.

Apabila Anda bingung mengenai pemilihan jenis badan hukum yang ingin Anda buat, maupun bingung terkait prosedur yang harus dilakukan dan persyaratan yang harus dipenuhi maka Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait pendirian Perkumpulan. Anda juga bisa menggunakan jasa pendirian / pengurusan perkumpulan apabila ingin lebih praktis dan terima jadi saja.

Dimana Lokasi / Tempat Jasa Pendirian Perkumpulan

Untuk membantu Anda dalam pengurusan dan pendirian Perkumpulan, Litologi Solution hadir sebagai partner yang tepat. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu mengenai hal-hal yang perlu dibahas dan dipertimbangkan. Tim kami memiliki banyak ahli dan sosok yang profesional di bidangnya sehingga Anda dapat merasa tenang menyerahkan proses pendirian Perkumpulan Anda kepada kami.

Tidak hanya itu, kami merupakan perusahaan penyedia jasa pengurusan legalitas dan pendirian berbagai badan hukum dan badan usaha terpercaya di Indonesia. Anda tidak perlu ragu lagi karena sudah banyak testimoni dari klien kami yang mendapatkan kepuasaan dari layanan yang kami berikan. Untuk itu, segeralah berpartner dengan kami untuk mendirikan Perkumpulan sesuai apa yang Anda inginkan.

Mengapa Harus Litologi Solution?

Berikut keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan jasa Kami:

  1. Pembuatan Kilat Hanya 1 Minggu

Anda tidak perlu menunggu lama cukup dengan 1 minggu saja. Karena kami telah berpengalaman dalam berbagai bidang legalitas dan bekerjasama dengan notaris kepercayaan, sehingga proses dapat selesai lebih cepat.

  1. Pelayanan Terbaik

Pelayanan menjadi kunci utama kami. Sikap “fast response”akan selalu ada, karena Anda telah mempercayakan pada kami. Anda adalah prioritas bagi kami.

  1. Harga Terbaik

Kami juga akan menawarkan harga terbaik, dimana memastikan win-win solution. Biaya jasa yang ditawarkan oleh kami disesuaikan dengan kebutuhan izin yang akan diproses oleh Anda

  1. Tak Perlu Menyesuaikan Jadwal Ketemu Dengan Notaris

Anda cukup santai saja, tak perlu pusing karena kami yang akan menyesuaikan jadwal Anda untuk proses tanda tangan. Kami mengirim dokumen yang diurus dengan pengiriman paling aman bergaransi sampai di tempat Anda.

  1. Revisi Draft Pendirian Sepuasnya

Anda tak perlu khawatir apabila terjadi revisi pada draft dokumen Anda. Kami akan selalu memberikan revisi untuk Anda.

  1. Gratis Konsultasi

Kami siap memberikan Anda konsultasi secara gratis tentang jasa pengurusan ini dengan pelayanan ekstra.

biaya / harga jasa pendirian perkumpulan

Lalu, Berapa Biaya / Harga Jasa Pendirian Perkumpulan?

Tenang saja, soal biaya / harga jasa pendirian perkumpulan sangat terjangkau, Anda dapat menghubungi customer service kami untuk mendapatkan harga yang bersahabat melalui nomor yang tertera.


Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam mendirikan perkumpulan, Anda dapat menghubungi kami dan berkonsultasi dengan tim kami. Anda dapat memperoleh semua jenis izin usaha dan legitimasi usaha dari kami. Tim Litologi Solution akan memberikan solusi yang tepat, mempermudah perizinan dan legitimasi bisnis, cepat dan bebas memilih waktu dan tempat, mempermudah dan mempermudah proses hukum bisnis Anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi kami melalui nomor dibawah ini untuk informasi lebih lanjut. Kami tunggu kerjasamanya.



"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081391788870
CS 2: 081390816250
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,