PERBEDAAN YAYASAN DAN PERKUMPULAN

Pelayanan Litologi Solution, Hubungi: WhatsApp 081391788870

PERBEDAAN YAYASAN DAN PERKUMPULAN

Assalamualaikum semua. Selamat Pagi/Siang/Malam para pembaca sekalian yang membutuhkan informasi terkait Yayasan dan Perkumpulan, Selamat datang di Litologi Solution, Website kami yang tidak hanya dapat memberikan informasi mengenai hal tersebut, namun juga akan melayani pembelian para pembaca sekalian. Produk yang kami jual telah dipercaya baik secara kualitas maupun kuantitas di beberapa kota yang telah menjadi konsumen tetap kami. Sebelumnya kami juga menuliskan artikel yang tidak kalah menarik, baca juga ya. Serba-serbi Jasa Keuangan.

Sebelum membahas mengenai perbedaan yayasan dan perkumpulan, ada baiknya jika membahas mengenai definisi masing-masing.

Definisi yayasan

Yayasan merupakan sebuah perkumpulan yang berbentuk badan hukum. Definisinya sendiri pun diatur dalam Undang-Undang yaitu Pasal 1 butir 1 UU No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Definisinya yaitu suatu badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan yang tidak memiliki anggota.

Definisi perkumpulan

Pengertiannya cukup luas yakni mencangkup suatu persekutuan, koperasi dan perkumpulan saling menanggung. Nah, perkumpulan ini terbagi menjadi dua macam yaitu yang berbentuk badan hukum seperti Perseroan Terbatas (PT), Koperasi dan Perkumpulan saling menanggung. Sedangkan yang tidak berbentuk badan hukum seperti Persekutuan Perdata, CV, juga Firma.

Nah sudah tau bukan perbedaan keduanya? Pasti sekarang sudah punya gambaran tentang bagaimana sih beda yayasan dan perkumpulan itu. Lantas apa perbedaan di antara keduanya?

Yayasan

-        Bersifat dan bertujuan untuk sosial, keagamaan, dan kemanusiaan

-        Tidak mencari dan mengutamakan keuntungan atau penghasilan

-        Tidak terdapat anggota

-        Dikenal istilah pengurus, pengawas, dan pembina yayasan

-        Kekayaan dapat diperoleh dari sumbangan para donatur

-        Keuntungan dan kekayaan untuk kepentingan yayasan

Perkumpulan

-        Bersifat dan bertujuan untuk komersial

-        Mementingkan keuntungan (profit oriented) dan penghasilan sebesar-besarnya

-        Memiliki anggota

-        Anggota di dalamnya berbeda tergatung jenisnya ada yang berupa pemegang saham, mitra aktif, mitra pasif, sekutu, ataupun pesero.

-        Kekayaan berasal dari usaha atau produk yang dihasilkan perusahaan, sedangkan modal dapat dari diri sendiri atau investor

-        Kekayaan dapat atas nama perkumpulan itu sendiri, atau tidak

Masalah itu tidak mungkin bisa Anda selesaikan seorang diri. Untuk itu, kami hadir untuk memberikan bantuan terbaik melalui jasa pengurusan. Jasa yang kami tawarkan tentu akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Hubungi kami di nomor yang tersedia dan kami akan segera datang untuk membantu Anda. Yuk, tunggu apa lagi?


"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081391788870
CS 2: 081391788870
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,