Biar Gak Salah Persepsi, Yuk! Kenali Apa Itu KBLI dan NIB

GRATIS Konsultasi Litologi Solution, Klik Dibawah: CS 1 / CS 2



Biar Gak Salah Persepsi, Yuk! Kenali Apa Itu KBLI dan NIB

Apa Itu KBLI

KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) adalah sistem klasifikasi yang digunakan di Indonesia untuk mengelompokkan lapangan usaha suatu perusahaan. Sebelum lanjut ke pembahasan kami sebelumnya juga mengunggah Klasifikasi KBLI Terbaru. Jika anda ingin membaca anda bisa klik link yang tertera.

KBLI merupakan bagian dari sistem klasifikasi ekonomi yang dikembangkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. KBLI terdiri dari lima digit angka yang menunjukkan jenis usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Setiap perusahaan di Indonesia harus terdaftar di BPS Indonesia dan harus memiliki KBLI yang sesuai dengan jenis usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. KBLI digunakan untuk membantu dalam pengumpulan data ekonomi dan memudahkan dalam mengelompokkan lapangan usaha suatu perusahaan. KBLI juga dapat digunakan untuk mengetahui profil lapangan usaha suatu perusahaan dan memprediksi kemungkinan keberlangsungan usahanya di masa yang akan datang.

Apa Itu NIB

NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah nomor identifikasi yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia kepada setiap perusahaan yang terdaftar di Indonesia. NIB terdiri dari delapan digit angka dan merupakan nomor unik yang diberikan kepada setiap perusahaan yang terdaftar di Indonesia. NIB digunakan sebagai alat identifikasi perusahaan yang terdaftar di Indonesia dan dapat digunakan untuk mengakses informasi mengenai perusahaan tersebut yang tersedia di BPS Indonesia.

Untuk mendapatkan NIB, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan proses pendaftaran di BPS Indonesia. Setelah perusahaan terdaftar, BPS Indonesia akan memberikan NIB kepada perusahaan tersebut. NIB merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan usaha di Indonesia. NIB juga sering digunakan oleh pihak-pihak lain, seperti pemerintah, bank, dan lembaga keuangan lainnya, untuk mengidentifikasi perusahaan yang terdaftar di Indonesia.

Perbedaan KBLI dan NIB

KBLI dan NIB merupakan dua hal yang penting bagi perusahaan di Indonesia karena kedua hal tersebut digunakan sebagai acuan untuk mengelompokkan dan mengidentifikasi setiap perusahaan di Indonesia. 

KBLI dan NIB juga digunakan oleh pemerintah dan berbagai lembaga lainnya untuk mengumpulkan data statistik tentang usaha-usaha di Indonesia, sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan dan perencanaan pembangunan di masa mendatang.

Berikut adalah perbedaan antara KBLI dan NIB:

  • Definisi: KBLI merupakan sistem klasifikasi lapangan usaha yang digunakan oleh BPS Indonesia untuk mengelompokkan jenis usaha, sedangkan NIB adalah nomor identitas yang diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang terdaftar di Indonesia.

  • Fungsi: KBLI digunakan sebagai acuan dasar dalam pengumpulan data statistik tentang kegiatan ekonomi di Indonesia, sedangkan NIB digunakan sebagai syarat wajib bagi perusahaan atau badan usaha yang ingin mengajukan permohonan izin usaha atau mengikuti kegiatan ekonomi lainnya di Indonesia.

  • Penggunaan: KBLI digunakan oleh BPS Indonesia untuk mengkategorikan dan mengklasifikasikan jenis usaha yang ada di Indonesia, sedangkan NIB dikeluarkan oleh BPS Indonesia dan diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang terdaftar di Indonesia.

  • Informasi yang diberikan: KBLI memberikan informasi tentang klasifikasi lapangan usaha yang digunakan di Indonesia, sedangkan NIB memberikan informasi tentang nomor identitas perusahaan atau badan usaha yang terdaftar di Indonesia.

  • Sumber: KBLI dan NIB keduanya dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. BPS merupakan lembaga pemerintah yang bertugas untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyediakan data statistik tentang keadaan ekonomi, sosial, dan lingkungan di Indonesia. KBLI dan NIB merupakan dua produk yang dihasilkan oleh BPS untuk membantu dalam pengelompokkan dan pengidentifikasian usaha-usaha di Indonesia. Sebagai lembaga pemerintah, BPS memiliki wewenang untuk mengeluarkan standar-standar nasional yang digunakan oleh berbagai pihak di Indonesia, termasuk KBLI dan NIB.

  • Keterkaitan: KBLI dan NIB saling terkait karena keduanya digunakan dalam pengumpulan data statistik tentang kegiatan ekonomi di Indonesia dan dapat digunakan sebagai acuan dasar dalam pengajuan permohonan izin usaha atau kegiatan ekonomi lainnya.

Bagaimana penjelasan kami tentang Penjelasan Mengenai KBLI dan NIB? Semoga artikel diatas menambah wawasan anda dan membantu anda mencari informasi yang dibutuhkan.



Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Litologi Solution!

"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081391788870
CS 2: 081390816250
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,