Prosedur dan Syarat Pendirian PT Paling Lengkap, Pemilik Usaha Wajib Tahu

Pelayanan Litologi Solution, Hubungi: WhatsApp 081390816250

Mendirikan Perseroan Terbatas merupakan peluang yang sangat menjanjikan dewasa ini karena akan membuat bisnis menjadi lebih berkembang. Namun untuk mendirikan PT juga memenuhi persyaratan tertentu agar diakui di mata hukum. Bagi yang ingin mendaftarkan perusahaannya, simaklah prosedur dan syarat pendirian PT yang akan disajikan berikut ini:


Prosedur Pendirian PT

Pendaftaran PT tidak bisa satu hari langsung jadi karena harus melalui serangkaian prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Prosedur tersebut pun tidak boleh dilewati sehingga harus dijalani satu per satu. Supaya tidak mengalami kebingungan, berikut akan diberikan panduan mengenai prosedur pendirian PT:

1. Pengecekan Nama PT

Pengecekan nama merupakan prosedur awal untuk bisa mengurus pendirian PT. Pemilik PT harus sudah menyiapkan nama yang tidak melanggar hukum dan pastinya belum ada perusahaan lain yang menggunakan nama tersebut. Peraturan yang dianut oleh hukum penggunaan nama perusahaan di Indonesia adalah nama tersebut belum ada yang memiliki meskipun mirip sekalipun. Apabila ada kemiripan harus diganti.

Pemilik PT juga harus mengetahui bahwa nama yang digunakan harus terdiri dari minimal 3 suku kata. Apabila masih terdiri dari 2 suku kata tentu terlalu sedikit sehingga harus diganti terlebih dahulu. Penting sekali untuk memikirkan nama PT sebelum didaftarkan. Alangkah lebih baik jika menyediakan beberapa nama yang cocok agar bisa langsung mengajukan lagi jika pilihan nama pertama ditolak.

2. Pembuatan Akta Pendirian PT

Nama yang sudah jadi dan disetujui dapat ditindaklanjuti dengan membuat Akta Pendirian PT. Akta ini berwarna merah dengan disertai lambang garuda di bagian atas. Adanya akta ini menunjukkan kepemilikan dari perusahaan tersebut sekaligus sebagai tanda bahwa perusahaan telah sah dimata hukum. Pembuatan akta ini pun membutuhkan persyaratan tertentu sehingga tidak boleh datang dengan tangan kosong.

Pemilik PT setidaknya sudah menyiapkan berkas yang berkaitan dengan nama PT, maksud serta tujuan mendirikan PT, permodalan, struktur pengurus, dan lain sebagainya. Prosedur dan syarat pendirian PT tersebut harus disiapkan secara komplit agar proses pembuatan akta dapat segera diproses. Persiapkanlah berkasnya dan masukkan ke dalam satu map agar mudah untuk dicari.

3. Daftarkan PT di Kemenkumham

Perusahaan yang sudah mempunyai akta pendirian PT harus mengajukan pendaftaran pada Kemenkumham agar mendapatkan status hukum yang jelas di Indonesia. Bawalah akta pendirian PT yang sudah disetujui untuk bisa mendaftarkan PT-nya. Nantinya pemilik PT akan mendapatkan bukti pendaftaran yang menandakan bahwa PT sudah resmi terdaftar sehingga dianggap legal di mata hukum.

Kemenkumham merupakan badan yang lembaga yang bertugas untuk memberikan status hukum pada sebuah PT sehingga prosedur ini harus dilalui agar usaha yang didirikan tidak ilegal. Suatu saat tentu akan ada pengecekan mengenai status dari PT yang didirikan, apabila terbukti belum terdaftar pada Kemenkumham maka usaha tersebut bisa dimatikan. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan. Oleh karena itu pastikan PT didaftarkan ke Kemenkumham.

4. Pengajuan NPWP

Setiap perusahaan yang menjalankan usahanya di Indonesia, maka akan wajib dikenai pajak. Nantinya, pajak ini akan dikembalikan lagi ke masyarakat Indonesia dalam bentuk yang lain seperti perbaikan jalan, pembangunan jembatan untuk daerah terpencil, dan fasilitas publik lainnya. Perusahaan wajib mengajukan prosedur dan syarat pendirian PT ini agar terdaftar sebagai perusahaan wajib pajak.

Perusahaan tidak perlu khawatir karena besarnya pajak yang akan ditarik setiap bulannya tidak terlalu banyak. Penarikan tersebut berdasarkan pada pendapatan yang dimiliki setiap bulannya. Perusahaan tidak akan merasa rugi dengan adanya penarikan pajak ini karena akan memberikan manfaat kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

5. Mengurus NIB

Prosedur dan syarat pendirian PT yang selanjutnya adalah mengurus NIB atau disebut dengan nomor induk berusaha. Pengurusan NIB ini bisa dilakukan secara online melalui badan Online Single Submission. Fungsi dari NIB ini tentu sangat penting sekali karena bisa digunakan sebagai tanda daftar perusahaan, angka pengenalan impor, dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa untuk pendirian usaha yang berupa apotek terdapat syarat tambahan yang harus dipenuhi seperti AMDAL dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan apotek berhubungan dengan dunia medis sehingga terdapat penanganan khususnya. Memang untuk mendaftarkan izin mendirikan apotek agak ribet sehingga pemilik usaha harus bersabar.

6. Mengajukan Izin Usaha

Terakhir, pemilik usaha harus mengajukan sebuah permohonan izin usaha yang akan dikeluarkan oleh pihak yang berwenang. Pengajuan ini membutuhkan domisili usaha dan juga tanda daftar perusahaan. Nantinya, surat izin usaha akan diproses dan pemilik usaha tinggal menunggunya sampai sampai jadi. Apabila tidak banyak perusahaan yang mendaftarkan diri, maka prosesnya cepat.

Sembari menunggu proses pengajuan izin usaha ini, maka perusahaan bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat terkait dengan dunia usaha yaitu melakukan penyusunan strategi bisnis. Hal ini perlu dilakukan karena dewasa ini banyak sekali pesaing yang bisa mengancam berdirinya usaha baru. Cobalah untuk melakukan riset di lapangan untuk menentukan terobosan apa yang akan dipilih.

Syarat Pendirian PT

Ketika akan mendirikan PT, prosedur bukanlah satu-satunya hal yang perlu dipahami. Syarat untuk mendirikan PT juga menjadi hal yang wajib diketahui dan dipahami pengusaha. Setelah mengerti prosedur apa saja yang harus dilakukan, berikut ini akan disajikan informasi yang tidak kalah pentingnya yaitu mengenai syarat pendirian PT. Pastikan informasi ini disimak dengan baik:

  • Pemilik usaha yang akan mendirikan PT syaratnya adalah terdiri dari minimal 2 orang. Biasanya, dalam sebuah PT ada yang bertugas sebagai penanam modal dan pelaksana

  • Melampirkan akta notaris yang bahasanya Indonesia bukan bahasa asing. Hal tersebut dikarenakan Indonesia menggunakan 1 bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia

  • Pembuatan struktur pengurus setidaknya terdiri dari 1 direktur dan juga 1 komisaris. Apabila terdiri dari lebih banyak orang lagi, maka akan lebih baik

  • Perseroan Terbatas versi lokal namanya harus terdiri minimal 3 suku kata dan tidak mengandung kata asing satu pun

  • Susunan yang termasuk pemegang saham memiliki kewajiban untuk mengambil bagian saham sesuai dengan yang ditanamkan

  • Status badan hukum bisa dimiliki setelah mendaftarkan diri pada Kemenkumham serta mendapatkan bukti pendaftaran

  • Bagi suami istri yang ingin mendirikan PT secara bersamaan namun belum memiliki perjanjian nikah, maka harus mengajak orang ketiga untuk diikutkan dalam pendirian PT. Pihak yang dimasukkan tersebut harus seorang pemegang saham

  • Sebuah PT wajib memiliki modal yang nominalnya sesuai dengan kesepakatan dari pendiri PT tersebut. Ketentuan untuk PT PMA modal dasarnya harus sebesar 10 milyar atau lebih. Peraturan tersebut memang sudah tertulis dan tidak bisa dilanggar

  • Jumlah setoran modal yang harus disetorkan minimalnya adalah 25% dihitung dari modal dasar yang telah dimiliki perusahaan.

Itulah prosedur dan syarat pendirian PT yang harus diperhatikan oleh pendiri usaha. Apabila diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik, maka tidak ribet untuk mengurus pendirian PT tersebut. Poin yang paling penting adalah tidak meninggalkan satu syarat atau prosedurnya.




"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081391788870
CS 2: 081390816250
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,