Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online untuk Mengurus SIUP

Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online untuk Mengurus SIUP
Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online untuk Mengurus SIUP
Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online untuk Mengurus SIUP
Halo para pembaca sekalian! Kembali lagi bersama kami yang siap memberi informasi terkini kepada Anda! Selamat datang di jasapengurusan.web.idTempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar Jasa Pengurusan favorit Anda!


Untuk pembahasan sebelumnya, kami sudah memberikan informasi mengenai Pengurusan CV/UD Probolinggo, yang bisa Anda klik link nya sekarang juga. Click! Untuk kali ini, ada info yang pasti sudah Anda tunggu-tunggu, yaitu mengenai Cara Mendapatkan NIB dari OSS. Tertarik? langsung saja kita lanjut!

Tentang NIB
Demi memudahkan para pengusaha di Indonesia untuk mendapatkan perizinan usaha atau dagang, melalui Perpres Nomor 91 Tahun 2017, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dalam hal pembuatan perizinan usaha, yaitu dengan pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha). Aturan ini secara resmi diberlakukan terhitung sejak Mei 2018.

Adanya NIB ini tentu akan semakin memudahkan para pengusaha dalam mendapatkan perizinan usaha. Pasalnya, pengusaha kini tak perlu lagi repot mengurus segala surat izin usaha, seperti SIUP, IUI, TDP, dan masih banyak lagi. Belum lagi dengan prosedurnya yang terbilang memakan waktu.

Sederhananya, NIB adalah pengganti surat izin terdahulu yang diwajibkan pemerintah untuk dimiliki oleh para pengusaha. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Pasal 25 ayat 1 yang membahas tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) menyebutkan bahwa NIB merupakan identitas berusaha dan digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional.

Tidak hanya menggantikan semua perizinan usaha sebelumnya, eksistensi dan kepemilikan NIB ini pun berfungsi sebagai Angka Pengenal Importir atau API berikut memudahkan akses kepabeanan.
Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online untuk Mengurus SIUP
Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online untuk Mengurus SIUP
Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online
Untuk mendapatkan NIB, Anda bisa melakukannya dengan mendaftar pada laman OSS. Setelah log-in pada sistem OSS pelaku usaha akan diminta mengisi data yang diperlukan.

Sesuai dengan Pasal 22 ayat (1) PP tentang OSS, saat melakukan pendaftaran, pelaku usaha perseorangan mengisi data paling sedikit:
Nama dan NIK
Alamat tempat tinggal
Bidang usaha
Lokasi penanaman modal
Besaran rencana penanaman modal
Rencana penggunaan tenaga kerja
Nomor kontak usaha dan/atau kegiatan
Rencana permintaan fasilitas fiskal, kepabeanan, dan/atau fasilitas lainnya
NPWP Pelaku Usaha perseorangan

Sedangkan bagi pelaku usaha non-perseorangan berdasarkan Pasal 22 ayat (2) PP tentang OSS, saat melakukan pendaftaran diminta mengisi data paling sedikit:
Nama dan/atau nomor pengesahan akta pendirian atau nomor pendaftaran
Bidang usaha
Jenis penanaman modal
Negara asal penanaman modal, dalam hal terdapat penanaman modal asing
Lokasi penanaman modal
Besaran rencana penanaman modal
Rencana penggunaan tenaga kerja
Nomor kontak badan usaha
Rencana permintaan fasilitas perpajakan, kepabeanan, dan/atau fasilitas lainnya
NPWP Pelaku Usaha non-perseorangan
NIK penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan

Setelah itu, OSS akan memberikan informasi NIB yang siap Anda pakai untuk Mengurus SIUP. Setelah berhasil mendapatkan NIB, maka proses selanjutnya di OSS adalah mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Itulah tadi Cara Mendapatkan NIB dari OSS Online untuk Mengurus SIUP yang sudah membuat banyak orang penasaran. Namun apabila Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan semua itu, atau mungkin Anda sedang ingin mengurus legalitas usaha Anda dengan paket lengkap tanpa perlu repot-repot, maka Anda bisa menghubungi Litologi Solution di nomor yang sudah tertera di website kami. Semoga bermanfaat, kami tunggu kerja sama dengan Anda!

"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081225706844
CS 2: 081225706844
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,