Cara Memilih Jasa Legalitas Profesional dan Usaha yang Perlu ada Legalitas

Pelayanan Litologi Solution, Hubungi: WhatsApp 081390816250

Untuk mendirikan suatu usaha, perlu adanya perizinan usaha agar terdaftar dan tercatat di Pemerintah Republik Indonesia. Karena akan banyak manfaat yang didapatkan bila memiliki usaha yang sudah ada legalitasnya, seperti kemudahan melakukan pinjaman di bank atau mengikuti tender untuk mendapatkan proyek. 

Karena pentingnya perizinan usaha ini, maka Anda sebagai pelaku usaha sebaiknya memilih jasa legalitas yang profesional untuk mengurus perizinan usaha Anda. Simak tipsnya dibawah ini cara memilih jasa legalitas profesional.

Usaha yang Perlu Adanya Legalitas

Sebelum Anda ketahui tips memilih jasa legalitas yang profesional, sebaiknya ketahui dulu jenis usaha apa saja yang perlu terdaftar dan adanya izin usaha dari pemerintah, karena tidak semua jenis usaha perlu perizinan. 

Adapun jenis usaha yang wajib didaftarkan dan perlu adanya izin usaha, yaitu:

1. Usaha Bidang Industri

Jenis usaha pertama yang perlu didaftarkan dan harus ada izin pemerintah adalah usaha dibidang industri. Untuk menjalankan usaha ini Anda perlu Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) Anda bisa mengurusnya dengan mudah lewat jasa legalitas terpercaya dan profesional yang biasa mengurus perizinan usaha. 

2. Usaha Bidang Pariwisata

Bidang usaha selanjutnya yang perlu adanya legalitas dari pemerintah adalah usaha bidang pariwisata. Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) ini di dapatkan dari Kementrian dan Kebudayaan, bisa dengan mudah Anda urus lewat jasa legalitas.

3. Usaha Bidang Konstruksi

Bidang usaha berikutnya yang harus mempunyai SIUP dari pemerintah ialah usaha bidang konstruksi. Surat izin usaha ini bisa didapatkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Anda bisa mempercayakan jasa legalitas untuk mengurusnya.

4. Usaha Pertambangan

Bidang usaha selanjutnya yang perlu adanya izin dari pemerintahan adalah usaha pertambangan. Usaha pertambangan ini akan mengambil banyak material dari lokasi tambang, karena itu perizinan sangat dibutuhkan bila Anda membuka usaha dibidang ini. Adapun untuk mendapatkan izinnya Anda bisa percayakan pada jasa legalitas untuk mengurus prosedurnya.

5. Usaha Perdagangan

Untuk SIUP di bidang usaha perdagangan terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan besaran modal, yakni SIUP Besar dengan modal di atas Rp500.000.000, SIUP Menengah dengan modal antara Rp200.000.000 – Rp500.000.000, dan SIUP Kecil dengan modal di bawah Rp200.000.000.

Untuk mengurus SIUP sendiri dapat dilakukan di Kantor Dinas Perdagangan atau lewat Kantor Jasa Pelayanan Perizinan.

Untuk mengurus SIUP sendiri perlu melampirkan beberapa dokumen sebagai syaratnya. Setelah dokumen syarat lengkap Anda pun harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mendatangi Kantor Dinas Perdagangan setempat.

  • Mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran yang telah disediakan Kantor Dinas Perdagangan.

  • Fotocopy sebanyak dua rangkap formulir yang sudah diisi dan disatukan dengan dokumen persyaratan lainnya.

  • Membayar tarif pembuatan SIUP.

  • Menunggu hingga SIUP jadi dan biasanya butuh waktu sekitar 14 hari kerja. Bila sudah jadi nantinya Petugas Kantor Dinas Perdagangan akan menghubungi Anda dan SIUP pun bisa diambil.

Lumayan panjang bukan prosesnya? Bila  Anda adalah orang yang sibuk dan tidak sempat untuk mengurus SIUP. Anda bisa mempercayakan  jasa legalitas untuk mengurusnya. Anda tinggal menyiapkan berkas-berkas atau dokumennya saja tidak perlu mengikuti langkah-langkah hingga mendatangi Kantor Dinas Perdagangan. 

Namun, untuk memilih jasa legalitas tidak boleh sembarangan, pastikan Anda pilih jasa legalitas yang terpercaya dan profesional. 

Cara Memilih Jasa Legalitas Profesional

Berikut cara memilih jasa legalitas yang terpercaya dan profesional

1. Mengenal Jasa Legalitas

Di setiap daerah pastinya terdapat Jasa legalitas dan bukan hanya satu. Oleh karena itu, sebelum Anda menentukan pilihan sebaiknya kenali dulu Jasa tersebut lewat review dari kliennya. Anda juga bisa mengecek lokasi kantor jasa legalitas tersebut.

2. Profil dan Identitas Jasa Legalitas

Selain lokasi kantor dan juga review client dari jasa legalitas tersebut, Anda juga harus mengecek profil serta identitas perusahaan jasa legalitas, sebelum Anda memilihnya.

3. Lihat Status Hukum Jasa Legalitas

Memang tak dapat dipungkiri semakin banyak jasa yang Anda gunakan akan membantu proses legalitas usaha Anda. Namun apakah semua jasa tersebut menjamin bisa bekerja dengan baik dan hasilnya akan memuaskan? Pastinya ada beberapa  yang tidak dapat menjamin hasilnya bukan?

Untuk itu, sebelum memilih jasa legalitas tersebut, sebaiknya Anda pastikan perusahaan penyedia jasa legalitas tersebut memiliki status hukum yang jelas, dan punya perizinan lengkap. Dengan begitu, Anda akan aman dan tenang bekerja sama dengan mereka.

4. Cek Riwayat Perusahaan Penyedia Jasa Legalitas

Satu hal yang juga penting dalam memilih jasa legalitas adalah dengan mengecek riwayat dari perusahaan jasa legalitas yang akan dipilih tersebut. Dari riwayat tersebut Anda akan tahu testimoni atau review dari para klien sebelumnya.

5. Lihat Layanan yang Ditawarkan

Untuk menarik banyak klien biasanya penyedia jasa legalitas menawarkan banyak layanan.  Sebelum Anda menentukan pilihan jasa legalitas yang akan mengurus perizinan usaha Anda, sebaiknya Anda lihat dulu layanan apa saja yang ditawarkan jasa tersebut.  

Anda juga sebaiknya memprioritaskan jasa legalitas yang benar-benar berkompeten dalam mengurus segala kebutuhan dalam pembuatan yang berkaitan dengan hukum. Seperti pembuatan akta perusahaan, SIUP, perpajakan dan sebagainya.

6. Jangan Tergiur Harga Layanan yang Murah dan Pertimbangkan Juga Garansi yang Ditawarkan

Saat Anda menemukan jasa legalitas yang menawarkan harga sangat murah, sebaiknya jangan langsung tergiur. Karena harga murah tidak menjamin profesionalisme dan kepuasan hasilnya.  Coba Anda lakukan perbandingan  dengan harga jasa legalitas di pasaran. 

Selain itu Anda juga perlu pertimbangkan garansi yang ditawarkan jasa tersebut.  Sehingga saat terjadi sesuatu di kemudian hari mengenai perizinan usaha Anda, maka dapat dipertanggungjawabkan oleh jasa tersebut. 

7. Pelayanan Jasa Legalitas

Pelayanan dari jasa legalitas  juga jadi hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilihnya. Karena, bila jasa legalitas tersebut mempunyai pelayanan yang baik, ramah dan responsif,  pastinya dalam mengurus dan memproses perizinan usaha Anda pun sangat cepat dan profesional. Sehingga Anda pun bisa mudah mendapatkan legalitas usaha dari pemerintah.

8. Berpengalaman dan Profesional dalam Mengurus Legalitas Bisnis

Perlu Anda ketahui, sebuah jasa legalitas yang telah berpengalaman dan profesional akan terbukti cepat mengurus segala keperluan legalitas usaha Anda, hasilnya pun pasti akan memuaskan. 

Langkah-langkah Mengurus Legalitas Usaha

Sebagai tambahan informasi, berikut langkah-langkah dalam mengurus legalitas usaha.

  • Mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pemilik usaha

  • Menyusun Akta Pendirian Perusahaan

  • Mendaftarkan Akta Pendirian Usaha

  • Mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama badan usaha

  • Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)

  • Mengurus perizinan lanjutan (untuk izin usaha komersial)

  • Mengurus pendaftaran karyawan ke BPJS Kesehatan dan BP Jamsostek

Bila melihat langkah-langkahnya tentu butuh proses yang cukup panjang. Karena itu Anda bisa percayakan pada jasa legalitas profesional untuk mendapatkan perizinan dengan mudah. Untuk memilih jasa legalitas terbaik, terpercaya dan profesional pastikan Anda terapkan cara diatas. 




"Untuk Portofolio Litologi Solution bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO LITOLOGI SOLUTION"

Untuk pelayanan Litologi Solution bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081391788870
CS 2: 081390816250
Email: litologi.solution@gmail.com

Salam hangat,